Jumat, 28 Februari 2014

jangan buang tikus di jalan !



Tikus memang hewan yang menyebalkan dan menjijikan bagi hampir setiap orang. Di karena kan tikus tinggal di tempat yang kotor dan memakan makanan sisa di tempat sampah bahkan sampai memakan sisa makanan di dapur ataupun barang-barang yang bisa di makan di rumah kita.
Namun akhir-akhir ini saya sering melihat tikus mati di jalan dengan mengenaskan. Saya kira hal ini hanya ada di daerah saya namun ternyata di daerah lain pun mengalami hal yang sama.Saya sering sekali ketika berangkat sekolah ataupun pulang sekolah melihat tikus mati di jalan.  Dari satu tikus bahkan mungkin sampai belasan tikus pernah saya lihat di jalan. Saya tidak tega melihat nya jadi terkadang saya membelokan ban saya sedikit agar tidak melindas bangkai tikus tersebut. Sungguh ironi melihat bangkai tikus yang sudah tidak berwujud sebagaimana mestinya seekor tikus, semua bagian tubuhnya keluar dari badannya. Tidak ada orang yang berani membuang nya dengan tangan sendiri karna kondisi bangkai tikus yang sudah parah dan juga dapat menimbulkan penyakit. Menurut saya ini perbuatan yang sangat tidak baik untuk terus di lakukan. Karena tikus adalah makhluk hidup sama seperti kita . Kalaupun tikus mati , masih banyak cara lain selain membuang nya di jalan raya yang dapat menggangu pemandangan orang lain dan dapat menyebabkan penyakit. Mungkin juga ada sebab tersendiri mengapa orang-orang membuang tikus di jalan. Namun cobalah untuk mengubur tikus tersebut di tanah.  Karna bangkai tikus juga bisa bermanfaat seperti yang di lakukan oleh seorang petani Anas Tika, warga Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, Sulsel, yang  dijuluki Professor Tikus. Karena ia membuat perangkap tikus raksasa di daerah sawahnya  dan hasil dari perangkapnya ia mendapatkan bangkai tikus yang banyak kemudian di tampung di sebuah bak penampungan  dari bangkai tingkus yang dikumpulkannya dapat menghasilkan pupuk cair yang dapat menyuburkan sawahnya yang berhektar-hektar dengan melalui proses yang cukup lama untuk menghasilkan pupuk cair itu. Kalian bisa lihat info Pak Anas Tika ini di mbah google. http://www.mongabay.co.id/2013/08/19/anas-tika-ciptakan-pupuk-organik-dari-bangkai-tikus/
Saya mengutip sebuah postingan yang pernah saya baca  “Kalau ditanya bagaimana cara membunuh tikus yg tertangkap hidup-hidup...yg terpenting prinsipnya kalau di agama kita (Islam)..dibolehkan membunuh tikus yg mengganggu..lakukan dengan cara terbaik dan terhormat yg membuat sang tikus cepat mati..dan tidak membuatnya menderita...jangan lupa ucapkan basmalah.
Jadi tolong jangan membuang tikus di jalan raya lagi ! J

1 komentar:

  1. tikus mejret, benyek. iyuuh bat emang di babelan yg jalanannya alus pinggiran sawah tuh apalagi banyak bingit. setuju deh put hehe

    BalasHapus